Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian hidrosfer

Hidrosfer adalah daerah perairan yang melingkari dan menyelimuti bentuk bumi yang bulat. Daerah perairan itu meliputi samudera, laut, danau, sungai, air tanah, dan uap air yang terdapat di atmosfer. Diperkirakan 70% permukaan bumi tertutup oleh air, sedangkan 30% berupa daratan. Air di bumi memiliki jumlah yang tetap karena adanya siklus hidrologi. Panas matahari yang menyebabkan air yang ada di permukaan bumi mengalami penguapan (evaporasi), juga penguapan dari tumbuh-tumbuhan yang disebut transpirasi. Karena mengalami kondensi uap air itu menjadi awan dan jatuh dalam bentuk hujan (presipitasi). Hujan itu sebagian meresap ke tanah (infiltrasi) dan sebagian mengalir sebagai aliran permukaan misalnya sungai, danau, laut, dan sebagainya.

Ada tiga macam siklus hidrologi, yaitu:
1.    siklus pendek, adalah penguapan terjadi di permukaan laut, kemudian terbentuk awan dan akhirnya hujan di laut.
2.    siklus sedang, adalah penguapan terjadi di permukaan laut, kemudian terbentuk awan, awan terbawa angin ke daratan, terkondensasi, turun hujan di daratan, air hujan mengalir ke tanah selokan, sungai, dan ke laut lagi.
3.    siklus panjang, adalah penguapan terjadi di laut, menguap dan membentuk kristal-kristal es di atas laut, terbawa angin ke daratan (pegunungan tinggi) jatuh sebagai salju, membentuk gletser, lalu masuk ke sungai, dan kembali ke laut.

Terjadinya siklus hidrologi disebabkan oleh adanya proses-proses sebagai berikut:
1.    evaporasi, yaitu proses penguapan atau proses perubahan wujud dari air menjadi gas. Penguapan di bumi 80% berasal dari penguapan air laut.
2.    transpirasi, yaitu proses pelepasan uap air dari tumbuh-tumbuhan melalui stomata (mulut daun)
3.    evapotranspirasi, yaitu proses penguapan gabungan antara evaporasi dan transpirasi
4.    kondensasi, yaitu proses perubahan wujud uap air menjadi air akibat pendinginan karena pengaruh ketinggian
5.    adveksi, yaitu transportasi air pada gerakan horisontal seperti transportasi panas dan uap air dari suatu tempat ke tempat lain oleh gerakan udara yang mendatar
6.    presipitasi, yaitu segala bentuk curahan atau hujan dari atmosfer ke bumi yang meliputi hujan air, hujan es, dan hujan salju
7.    run off (aliran permukaan), yaitu pergerakan aliran air di permukaan tanah melalui sungai dan anak sungai
8.    infiltrasi, yaitu perembesan atau pergerakan air ke dalam tanah melalui pori tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.