Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian angin dan jenis-jenis angin

Angin adalah udara yang bergerak dari suatu area yang mempunyai tekanan tinggi ke suatu area yang tekanannya rendah. Besarnya kecepatan angin dapat diukur dengan alat yang bernama anemometer. Macam-macam angin adalah sebagai berikut:
a.    Angin siklon dan angin antisiklon. Angin siklon (menuju pusat) adalah angin yang terjadi di daerah yang mempunyai tekanan rendah yang dikelilingi oleh daerah yang mempunyai tekanan maksimum. Adapun angin antisiklon (meninggalkan pusat) adalah angin yang terjadi jika udara maksimum dikelilingi oleh daerah yang mempunyai tekanan rendah.
b.    Angin muson barat, adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober sampai bulan April. Angin ini berasal dari lautan bersifat basah sehingga menyebabkan musim penghujan di Indonesia.
c.    Angin muson timur. Angin ini bertiup pada bulan April sampai bulan Oktober, angin muson timur berasal dari daratan yang menyebabkan musim kemarau di Indonesia.
d.    Angin lembah, adalah angin yang bertiup dari lembah menuju ke gunung dan berlangsung pada siang hari.
e.    Angin gunung, adalah angin yang bertiup dari gunung menuju ke lembah dan berlangsung pada malam hari.
f.    Angin darat, adalah angin yang bertiup dari darat menuju ke lautan dan berlangsung pada malam hari.
g.    Angin laut, adalah angin yang bertiup dari laut menuju ke daratan dan berlangsung pada siang hari.
h.    Angin pasat, adalah angin yang berasal dari lintang tengah menuju ke khatulistiwa. Angin ini arahnya dibelokkan yang dari utara khatulistiwa berbelok ke kanan dan yang dari selatan khatulistiwa berbelok ke kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.