Rabu, 20 Juli 2016

Pengertian keanekaragaman hidup

Keanekaragaman hidup adalah suatu kenyataan yang antara lain sebagai akibat adanya peristiwa evolusi khususnya mengenai adaptasi terhadap fungsi dan lingkungan yang berbeda-beda.

Sedangkan evolusi itu sendiri adalah suatu perubahan yang terjadi pada makhluk hidup secara perlahan-lahan dengan jangka waktu yang lama yang diawali dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. Bentuk dari keanekaragaman pada makhluk hidup tampak dari perbedaan bentuk, sifat, ukuran, warna, fungsi tubuh, struktur dan organ-organ yang lainnya. Jika makhluk hidup kalah bersaing dengan makhluk yang lainnya untuk mendapatkan habitat yang baru, maka makhluk hidup itu dengan sendirinya melakukan penyesuaian yang bisa menimbulkan terjadinya spesies baru.

Jadi penyesuaian diri dari makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lainnya atau adaptasi yang telah disebutkan diatas itu merupakan salah satu penyebab terjadinya sebuah evolusi. Dengan melakukan adaptasi, yaitu penyesuaian diri antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Hal tersebut dapat menuntut makhluk hidup yang ingin tetap hidup untuk selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup dan dengan sendirinya akan mendapatkan suatu keanekaragaman dalam makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.