Sabtu, 23 Juli 2016

Pengertian keluarga

Keluarga adalah kelompok sosial terkecil yang tertentu dijumpai dalam setiap masyarakat. Keluarga batih terdiri atas suami, istri beserta anak-anak yang belum menikah. Keluarga batih dianggap sebagai suatu sistem sosial karena memiliki norma-norma, kedudukan dan peran, sanksi, perasaan, serta tujuan bersama.

Kita mengenal beberapa macam keluarga menurut tingkat perkembangannya mulai dari adat pembentukan keluarga hingga tahap akhir perkembangannya. Adapun tahapan tersebut sebagai berikut:
a.    Keluarga batih, yaitu keluarga yang di dalamnya hanya terdapat satu pasang suami istri, yaitu ayah, ibu, dan anak. Keluarga ini merupakan keluarga awal yang belum mengalami perkembangan lebih lanjut. Sebagai unit pergaulan hidup terkecil dalam masyarakat, keluarga batih mempunyai peranan-peranan tertentu. Peranan tersebut di antaranya sebagai berikut:
1)    Keluarga batih sebagai pelindung para anggotanya
2)    Keluarga batih merupakan unit sosial ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhan para anggotanya
3)    Keluarga batih menumbuhkan dasar-dasar bagi kaidah-kaidah pergaulan hidup
4)    Keluarga batih merupakan tempat awal proses sosialisasi.
Keluarga batih akan berkembang menjadi kelompok kekerabatan sejalan dengan besarnya para anggota keluarga batih tersebut.

b.    Keluarga besar, adalah keluarga yang di dalamnya terdapat lebih dari satu pasangan suami istri. Keluarga ini terjadi setelah keluarga batih berkembang sedemikian rupa sehingga anak-anaknya telah mempunyai pasangan (suami atau istri) dan mempunyai anak-anak, tetapi masih berada di dalam satu lingkungan keluarga (rumah). Menurut tinjauan garis keturunannya (klan), kita mengenal keluarga matrikural, keluarga patrilineal, dan keluarga parental.
Pada keluarga patrilineal, garis keturunan hanya dihitung dari keturunan ayah. Pada keluarga matrilineal, garis keturunan dihitung dari keturunan ibu. Adapun pada keluarga parental (bilateral), anggota keluarga dihitung berdasarkan garis keturunan ayah dan ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.