Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian dan manfaat wirausaha

Wirausaha berasal dari kata ‘wira’ yang berarti berani, utama, teladan, dan berbudi luhur. Dan ‘usaha’ yang berarti upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Jadi wirausaha dapat diartikan sebagai suatu keberanian untuk berusaha memenuhi kebutuhannya.

Dengan demikian, kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan usaha-usaha memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dan keberanian yang dimilikinya dengan cara memanfaatkan segala potensi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.


Peranan wirausaha dalam perekonomian nasional

Joseph Schumpeter menekankan pentingnya peranan wirausahawan dalam kegiatan ekonomi suatu negara, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena para pengusaha merupakan golongan yang akan terus menerus membuat pembaruan atau inovasi dalam kegiatan ekonomi. Inovasi tersebut meliputi memperkenalkan barang-barang baru, meningkatkan efisiensi dalam memproduksi suatu barang, memperluas pasar suatu barang ke wilayah pemasaran yang baru, mengembangkan sumber bahan mentah yang baru, dan mengadakan perubahan-perubahan dalam organisasi dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi.


Pengusaha profesional

Seorang pengusaha harus dapat menekuni setiap usahanya secara profesional, sehingga usaha yang didirikan dapat berkembang dengan baik dan dapat menguntungkan semua pihak. Dan seorang pengusaha harus mampu melihat ke depan (mempunyai visi), melihat ke depan bukan berarti melamun kosong, tetapi melihat, berpikir dengan penuh perhitungan mencari pilihan berbagai alternatif masalah dan pemecahannya. Untuk itu diperlukan seorang pengusaha yang handal dan profesional, diantaranya memiliki konsep sebagai berikut:
a.    Mengenal sangat dalam terhadap produknya
b.    Yakin dan percaya terhadap produknya
c.    Tidak berdebat dengan calon pelanggan
d.    Memiliki jiwa yang antusias
e.    Komunikatif dalam negosiasi
f.    Ramah dalam pelayanan
g.    Santun dalam penampilan
h.    Menciptakan transaksi
i.    Memenuhi kebutuhan pelanggan
j.    Jujur, berani, dan mempunyai keberanian.

Seorang pengusaha yang baik tidak membiarkan dirinya direncanakan oleh pihak lain, melainkan merencanakan pengembangan dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.