Sabtu, 23 Juli 2016

Pengertian udara

Udara sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di dunia. Siang maupun malam, manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan udara untuk bernapas. Udara tidak dapat dilihat dengan mata kita, tetapi dapat kita rasakan.

Sifat-sifat udara
a.    Udara ada dimana-mana. Udara mempunyai berat. Udara menekan ke segala arah.
b.    Udara yang bergerak disebut angin.
c.    Angin berhembus dari tempat yang tekanannya tinggi ke tempat yang tekanannya rendah.
d.    Di tempat yang panas udara bergerak naik, diganti oleh udara yang dingin.
e.    Di daerah khatulistiwa udara lebih panas daripada di tempat-tempat yang lain, di daerah khatulistiwa udara naik, diganti oleh udara dari tempat yang lebih dingin, terjadilah angin pasat.

Kegunaan udara
a.    Udara diperlukan untuk pembakaran.
b.    Udara dapat membantu pekerjaan manusia, contohnya kincir angin, ban dalam kendaraan. Perantara menyampaikan suara tenaga angin dimanfaatkan untuk menggerakkan perahu layar, menggerakkan baling-baling.

Atmosfir
a.    Bumi diselubungi oleh lapisan udara. Lapisan ini disebut atmosfir.
b.    Makin ke atas lapisan ini makin renggang. Tidak jelas dimana lapisan atmosfir berakhir. Sebagian besar udara yang ada menempati lapisan yang tebalnya kira-kira 7-10 km.
c.    Atmosfir melindungi bumi kita terhadap benda-benda dari luar angkasa yang jatuh ke bumi. Sebelum sampai ke bumi benda-benda itu kebanyakan terbakar habis. Karena bergesekan dengan udara.
d.    Atmosfir juga melindungi bumi terhadap cahaya matahari sehingga malam tidak terlalu dingin dan siang tidak terlalu panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.