Rabu, 20 Juli 2016

Pengertian iman

Iman artinya percaya. Maksudnya meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan, sehingga segala perbuatannya merupakan cerminan dari keyakinan dan ucapannya. Dengan kata lain, iman adalah satunya keyakinan, kata, dan perbuatan.

Iman dapat menggerakkan manusia untuk beramal salih. Iman juga sebagai tenaga yang dapat menyampaikan amal ibadah manusia kepada Allah SWT. Dengan berdasar iman dapat memindahkan semua aktivitas hidup kepada suatu bentuk ibadah yang diterima Allah SWT dan diampuni dosanya.

Tanpa dasar iman kepada Allah SWT segala amal perbuatan tidak ada artinya sama sekali di hadapan Allah SWT, sekalipun tampaknya perbuatan itu baik di mata manusia dan besar pula pengorbanannya. Bahkan bagi orang yang beramal salih ketika beriman akan hapus kebaikan amal salihnya apabila menjadi kafir.

Allah SWT menjanjikan kebahagiaan surga bagi hamba-Nya yang beriman dan taat, serta memperingatkan balasan siksa derita tiada tara di neraka bagi yang tidak beriman dan melanggar larangan-Nya dalam hidup di dunia.

Tidak semua orang diberi nikmat iman, hanya diberikan kepada orang yang dikehendaki Allah SWT. Oleh karena itu, sungguh beruntung orang yang diberi nikmat iman. Untuk itu harus disyukuri.

Cara memelihara dan menyuburkan sebaik-baiknya nikmat Islam dan iman dalam rangka mengabdi kepada Allah SWT yaitu dengan menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.