Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian pesawat sederhana

Pesawat sederhana adalah alat bantu dengan susunan sederhana. Pesawat sederhana dipergunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu tuas (pengungkit), bidang miring, katrol dan roda berporos. Pesawat sederhana yang sering kita gunakan misalnya gunting, kapak, catut, linggis, sekop dan palu untuk mencabut paku.

Alat yang menggunakan prinsip pesawat sederhana
a.    Pesawat sederhana memudahkan pekerjaan. Misalnya linggis digunakan untuk mengungkit benda yang berat dengan mudah
b.    Katrol digunakan untuk mengangkat benda yang berat dengan mudah
c.    Bidang miring digunakan untuk memindahkan benda yang berat sehingga mudah
d.    Banyak hal yang tak dapat kita lakukan tanpa bantuan alat atau mesin. Pesawat berguna untuk menghasilkan gaya yang besar dari gaya yang kecil
e.    Ada pesawat rumit dan ada pula pesawat sederhana. Pesawat yang rumit terdiri dari susunan pesawat-pesawat sederhana.

Pengungkit atau tuas merupakan pesawat sederhana. Banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah karena tuas. Pada dasarnya tuas memutar tetapi ada bagian tuas yang tidak ikut berputar. Bagian itu merupakan titik tumpu tuas. Titik tumpu ini sering pula disebut fulkrum. Jika pengungkit kita gunakan, kita mengadakan gaya pada pengungkit itu. Gaya yang diadakan itu disebut kuasa. Titik tempat kuasa itu diadakan disebut sebagai titik kuasa. Orang hendak mengungkit benda, kuasa melawan gaya berat beban. Titik tempat beban itu bekerja disebut sebagai titik beban. Banyak sekali alat yang menggunakan dasar pengungkit.

Dengan bidang miring kita menjadi lebih mudah melakukan pekerjaan. Kita dapat memindahkan drum ke atas dengan mudah, dengan menggunakan papan yang kita miringkan.

Katrol adalah alat yang terdiri atas sebuah roda kecil yang beralur dan dapat berputar pada poros. Katrol juga dapat memudahkan pekerjaan kita. benda-benda yang berat dapat kita angkat dengan katrol. Untuk mengangkat benda menggunakan blok katrol diperlukan dua blok. Satu blok sebagai blok tetap, yang lain sebagai blok bebas.

Roda sudah dikenal orang 5.000 tahun yang lalu. Roda merupakan penemuan manusia yang sangat penting. Banyak alat-alat yang menggunakan roda. Sepeda, gerobak, kereta api, mobil, mesin-mesin, juga menggunakan roda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.