Jumat, 22 Juli 2016

Fungsi pameran dan pergelaran

Kegiatan pameran dan pergelaran memiliki manfaat atau fungsi yang dapat dirasakan langsung maupun tidak langsung. Manfaat yang langsung adalah sebagai media untuk berekspresi diri, berkomunikasi, pengembangan bakat, dan apresiasi. Sedangkan manfaat tidak langsung adalah kegiatan ini dapat mengembangkan kepekaan terhadap alam sekitar dan menambah kehalusan budi pekerti.

Pameran atau pergelaran berfungsi sebagai media ekspresi diri bagi pembuat karya seni. Dengan adanya pameran atau pergelaran seseorang diberi kesempatan untuk membuat karya seni untuk kemudian diperlihatkan.

Hal ini juga menimbulkan fungsi pameran atau pergelaran sebagai media pengembang bakat. Makin banyak kesempatan untuk pameran atau pergelaran, makin banyak latihan untuk mengasah bakat seniman dan makin banyak karya yang dihasilkan.

Pameran atau pergelaran juga menjadi media komunikasi antara pencipta karya seni dengan penikmatnya. Seniman menyampaikan suatu ide dan pesan lewat karyanya yang kemudian ditangkap oleh penikmat seni yang melihat pameran atau pergelaran itu.

Dengan demikian, pameran atau pergelaran selanjutnya juga menjadi media apresiasi seni. Apresiasi merupakan kegiatan yang meliputi pengamatan, penghayatan, penilaian, dan penghargaan terhadap sesuatu. Dengan pameran atau pergelaran, seseorang dapat melakukan pengamatan terhadap karya seni dan memberikan penilaian. Penilaian ini menjadi masukan bagi seniman untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.