Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian akuntansi

Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam sebuah perusahaan, sehingga dimungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Dunia usaha membutuhkan pencatatan keuangan karena catatan tersebut akan memberikan informasi di bidang keuangan. Informasi keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi dapat membantu dalam menentukan tindakan yang diperlukan. Di samping itu, sebagai alat pertanggungjawaban keuangan.

Kegunaan informasi akuntansi adalah:
1.    Bagi manajemen, untuk membuat perencanaan dan mengadakan pengawasan kegiatan usaha serta untuk mengetahui sampai berapa jauh operasi manajemen yang dilakukan.
2.    Bagi pemilik, untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dan perkembangannya, serta untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan manajemen.
3.    Bagi calon investor, sebagai bahan pertimbangan jadi atau tidaknya investasi pada perusahaan tersebut berkaitan dengan prospek keuangan dan resiko.
4.    Bagi kreditur, untuk mengetahui keadaan likuiditas dan solvabilitas sehubungan dengan kredit yang telah diberikan dan sebagai evaluasi dalam pemberian kredit berikutnya.
5.    Bagi pemerintah, untuk pemungutan dan pengawasan pajak.
6.    Bagi karyawan, untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan berkaitan dengan kenyamanan bekerja di perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.