Rabu, 20 Juli 2016

Pengertian karya ilmiah

Karya ilmiah adalah karya tulis yang penyusunannya didasarkan pada kajian ilmiah. Penyusunan karya ilmiah diawali dengan penelitian pustaka atau penelitian lapangan. Berdasarkan panjang pendeknya uraian serta kedalamannya, karya ilmiah dibedakan atas makalah (paper) dan laporan penelitian atau skripsi. Perbedaan makalah dan skripsi terletak pada panjang pendeknya karangan, sifat karangan, dan kedalaman karangan. Panjang makalah antara 5 – 20 halaman. Pada umumnya, makalah bersifat deskriptif atau ekspositoris. Namun ada juga yang mengandung uraian argumentatif. Laporan penelitian atau skripsi lebih panjang, yaitu antara 40 – 125 halaman. Uraiannya lebih mendalam. Pada bagian pendahuluan, terdiri dari latar belakang masalah, tujuan pembahasan, pembatasan masalah, hipotesis, metode pengumpulan data, dan sistematika.

Karya ilmiah memiliki kerangka atau format sebagai berikut:
1. Halaman judul
Halaman judul hendaknya ditulis secara singkat, tetapi cukup mencerminkan isi karangan.

2. Pengantar atau prakata
Bagian ini menjadi pengantar pembaca pada persoalan yang dibahas, bila perlu sebagai tambahan dapat dikemukakan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang membantu dalam penulisan.

3. Daftar isi
Daftar isi menunjukkan dengan tepat letak setiap bagian pada halaman yang memuatnya dari pengantar sampai daftar pustaka.

4. Bab pendahuluan
Pendahuluan mengutamakan perumusan dan penjelasan, masalah umum yang penting dalam bagian ini, antara lain: latar belakang masalah, tujuan, rumusan masalah, metode, dan sistematika.

5. Bab isi
Isi merupakan bagian karangan yang disebut penguraian. Bab ini memuat segala penjelasan mengenai setiap segi secara rinci.

6. Bab penutup
Simpulan dan saran memuat simpulan hal yang telah diuraikan bab-bab terdahulu. Sedang saran berisi sesuatu yang hendak disampaikan kepada pihak-pihak tertentu sehubungan dengan materi pembahasan.

7. Daftar pustaka
Daftar pustaka memuat daftar buku atau referensi lain yang mendukung penulisan karangan.

8. Lampiran
Lampiran merupakan hal-hal yang perlu dilampirkan berkaitan dengan penulisan karangan.

Ketentuan penulisan karya ilmiah
1.    diketik dengan jarak dua spasi.
2.    ukuran tepi atas 4 cm, tepi bawah 3 cm, tepi kanan 2,5 cm, dan tepi kiri 4 cm.
3.    usahakan kertas HVS putih kuarto.
4.    setiap halaman diberi nomor pada sudut kanan dengan angka Arab. Pada halaman daftar isi, pengantar, diberi angka romawi kecil. Bila halaman tersebut merupakan halaman bab, maka nomor diletakkan di bagian bawah tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.