Rabu, 20 Juli 2016

Jenis-jenis sejarah

Jenis-jenis sejarah yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1)    Sejarah lokal. Mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah yang lainnya. Peristiwa itu muncul hanya di daerah yang bersangkutan saja.
2)    Sejarah nasional. mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal. Sejarah nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsanya dalam berbagai sektor seperti sektor politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya.
3)    Sejarah dunia. Mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa yang terjadi dapat meliputi berbagai masalah dari beberapa negara.
4)    Sejarah geografi. Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. Pembahasan dalam geografi menyangkut tentang geologi (ilmu tanah), flora (ilmu tumbuhan), fauna (ilmu hewan), dan manusia. Masalah sejarah juga memiliki keterkaitan dengan masalah geografi. Karena sejarah membahas masalah-masalah atau peristiwa-peristiwa yang telah terjadi, maka untuk menjawab suatu pertanyaan tentang lokasi suatu peristiwa, secara langsung atau tidak langsung para ahli mengaitkannya dengan tempat atau lokasi kejadiannya. Untuk menentukan tempat kejadian itu, ilmu geografi tidak dapat ditinggalkan, karena para ahli akan mempertanyakan tentang mengapa di tempat tersebut terjadi suatu peristiwa sejarah.
5)    Sejarah ekonomi. Sejarah ekonomi bangsa berkembang dari tingkat ekonomi yang sangat sederhana ke tingkat ekonomi yang lebih luas lagi, bahkan tidak pernah tertinggal dengan masalah-masalah nasional dan internasional.
6)    Sejarah ketatanegaraan dan politik pemerintahan.
7)    Sejarah sosial. Bicara tentang sejarah sosial, tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Karena masalah-masalah sosial yang menjadi pendorong munculnya suatu peristiwa bersejarah mulai berkembang di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.