Sabtu, 23 Juli 2016

Pengertian manajemen menurut para ahli

Manajemen sebagai ilmu
1)    Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirdjo. Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
2)    Dr. Sondang P. Siagian, MPA. Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
3)    Drs. Karnadi Wargasasmita. Manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
4)    Drs. The Liang Gie. Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerjasama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

Beberapa definisi manajemen yang dikemukakan oleh sarjana-sarjana barat, antara lain:
1)    Webster’s Dictionary. Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan administrasi.
2)    Harold Koontz dan O’Donnell. Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari pada orang lain.
3)    John D. Millet. Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan.
4)    George R. Terry. Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
5)    Frederick w. Taylor. Beliau mengungkapkan empat prinsip manajemen penting, yaitu:
a.    Pengembangan metode kerja terbaik
b.    Pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja
c.    Usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih
d.    Adanya kerjasama antara manajer dan non manajer, kerjasama mana melalui pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
6)    Henry Fayol. Ia menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri dari fungsi-fungsi.

Unsur-unsur manajemen
Terdapat 6 unsur, yaitu;
1)    Tenaga kerja manusia
2)    Uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan
3)    Cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuan
4)    Bahan-bahan yang diperlukan
5)    Mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan
6)    Pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan hasil produksi).

Tingkatan manajemen
Menurut tingkatannya, manajemen dapat dibedakan menjadi 3 tingkatan yaitu:
1.    Manajemen puncak
2.    Manajemen menengah
3.    Manajemen bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.