Jumat, 22 Juli 2016

Pengertian pemain

Pemain adalah orang yang memerankan figur atau tokoh dalam drama. Pemilihan seseorang dalam memerankan tokoh drama tradisional lebih didasarkan pada kecakapan pemeranan dan kecocokan fisik berdasarkan deskripsi naskah. Karena drama adalah bentuk seni pertunjukan yang langsung dilihat oleh penonton dan tidak ada adegan ulangan, para pemain harus hafal naskah, pandai akting, dan cepat berimprovisasi.

Untuk menjadi pemain yang baik dan berbobot perlu menguasai beberapa hal. Di antaranya adalah latihan terus menerus dan berkesinambungan, tertib dan disiplin, memiliki pengetahuan dramatik dan pengetahuan umum, menghayati dan menjiwai perannya, aktingnya mengesankan dan memiliki motif (dapat meyakinkan penonton), terampil dan kreatif, serta tidak merasa sedang disorot publik.

Macam peran dalam drama di antaranya adalah:
-    Protagonis, adalah peran utama yang merupakan pusat dari cerita
-    Antagonis, adalah peran utama lawan yang seringkali menjadi musuh yang menyebabkan terjadinya konflik
-    Tirtagonis, adalah pembantu peran utama yang menjadi penengah antara protagonis dan antagonis
-    Figuran, adalah peran pelengkap yang secara tidak langsung terlibat dalam konflik yang terjadi tetapi sangat diperlukan untuk penyelesaian cerita.

Contohnya, dalam sendratari Ramayana: tokoh protagonis adalah Rama; tokoh antagonis adalah Rahwana; tokoh tirtagonis atau peran pembantu misalnya Hanoman, Laksmana, Wibisana, dan pemeran figuran adalah bala tentara kera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.